Pada dasarnya manfaat dan tujuan ISO adalah untuk menentukan standar internasional di bidang industri dan komersial. Mengacu pada definisi ISO di atas, manfaat ISO adalah sebagai berikut:
Kredibilitas perusahaan akan terjamin apabila perusahaan menetapkan sistem manajemen mutu sesuai dengan standar internasional.1. Meningkatkan Kredibilitas Perusahaan
Artinya, semua kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan memiliki standar terbaik yang pada akhirnya menghasilkan nilai-nilai positif dalam hal kepuasan pelanggan.
Masih terkait dengan poin nomor 1, kepuasan pelanggan sangat penting karena akan membuat mereka lebih mempercayai perusahaan dan menjadi pelanggan yang loyal.2. Meningkatkan Kepercayaan Konsumen
3. Jaminan Kualitas Sesuai Standar Internasional
Setiap perusahaan yang ingin memiliki sertifikat standardisasi ISO harus melalui siklus pasti yang disebut PDCA. Siklus ini diterapkan untuk semua jenis industri, di mana proses mengidentifikasi, menganalisis dan melaksanakan penyelesaian masalah dilakukan untuk menjamin kualitas sesuai dengan standar internasional.
4. Hemat biaya
Dengan standar ISO, perusahaan akan menerapkan sistem manajemen khusus yang dapat membantu menentukan kinerja perusahaan. Ketika ada indikasi bahwa kinerja perusahaan menurun atau produk akan gagal, upaya antisipasi dapat dilakukan segera. Proses ini secara tidak langsung akan mencegah terjadinya pemborosan anggaran terkait dengan kinerja dan produk yang buruk.
Mengacu pada prinsip manajemen mutu, semua standar ditetapkan untuk dijalankan oleh semua karyawan. Ini dapat memotivasi karyawan untuk mempertahankan kualitas, efisiensi, dan produktivitas mereka sesuai dengan standar ISO yang ditetapkan.5. Mengoptimalkan Kinerja Karyawan
Keuntungan yang dapat dirasakan langsung oleh perusahaan dari sertifikasi ISO adalah meningkatnya citra atau merek perusahaan menjadi jauh lebih baik di mata dunia.6. Meningkatkan Citra Perusahaan
Post a Comment